Sabtu, 19 Mei 2012

Deskripsi Awal / Abstrakasi Software Modeling ( Sistem Informasi Sekolah Tingkat SMA )

SISKO atau Sistem Informasi Sekolah adalah suatu program yang dapat membantu mengelola data-data penting di suatu sekolah, seperti pengelolaan data guru, data murid, data pembayaran biaya pendidikan siswa, sistem kehadiran dan lain-lain.
1.      Rencana Study(Perwalian)
a.      Kepala Sekolah : Kepala Sekolah, sebagai manajer, berfungsi sebagai Otorisator dan dilimpahi fungsi Ordonator untuk memerintahkan pembayaran dan memimpin koordinasi sekolah. Namun, tidak dibenarkan melaksanakan fungsi Bendaharawan karena berkewajiban melakukan pengawasan ke dalam.
b.      Siswa : melakukan membayar administrasi sekolah agar dapat melanjutkan study di sekolah. Dan menerima sarana buku pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar nantinya.
c.       Administrasi : Istilah administrasi sekolah acapkali disandingkan dengan istilah manajemen sekolah. Administrasi sekolah biasanya menangani pembayaran adminstrasi siswa, dan sebagai pelaksana anggaran sekaligus pertanggung jawaban dalam berbagai keuangan di sekolah.
d.      Kurikulum : Kurikulum meliputi kegiatan pencatatan dan pengelolaan kurikulum atau perencanaan mata pelajaran yang akan di berikan kepada siswa. Kegiatan tersebut meliputi ketersediaan kurikulum yang digunakan sebagai pegangan mengajar pada tiap angkatan, ketersediaan jabaran kurikulum dari tiap-tiap mata pelajaran , yang meliputi: SK (Standar Kompetensi), KD (Kompetensi Dasar), dan Indikator.

2.      Proses Belajar Mengajar(PBM)
a.     Tata Usaha : Prasarana sekolah secara umum diartikan berbagai barang/benda yang memberikan dukungan secara tidak langsung dalam proses pembelajaran. Dan semua itu telah di atur oleh pihak tata usaha di sekolah. Dalam proses ini, tugas tata usaha di sekolah adalah membuat absensi siswa dan guru  serta merubahnya agar kegiatan belajar mengajar lebih terencana.
b.      Guru : Guru merupakan profesi atau jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan. Dalam bidang profesi, guru harus mengajar, mendidik, dan memberi motivasi siswa nya dalam kegiatan belajar. Serta mengisi absensi guru.
c.       Siswa : Siswa merupakan anggota masyarakat yang berusaha belajar atau mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Dan memenuhi daftar hadir atau absensi untuk penunjang nilai.

3.      Evaluasi
a.      Guru : sebagai guru pada saat evaluasi harus menyediakan soal-soal ujian per semester, per tengahan semester maupun pada saat ujian kenaikan kelas. Selain itu guru adalah motivator siswa dalam menempuh aktivitas belajar agar sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.
b.      Siswa : belajar dan mengerjakan soal-soal ujian sebagai evaluasi untuk naik ke tingkat kelas yang lebih tinggi.
c.       Administrasi : Istilah administrasi sekolah acapkali disandingkan dengan istilah manajemen sekolah. Administrasi sekolah biasanya menangani pembayaran adminstrasi ujian siswa, dan sebagai pelaksana anggaran sekaligus pertanggung jawaban dalam berbagai keuangan di sekolah.
d.      Kurikulum : membuat jadwal ujian serta menentukan nilai standar kenaikan pada setiap mata pelajaran yang akan di ujikan.

4.      Penilaian
a.      Guru : memberikan nilai atas evaluasi siswa setiap tahun dan mengumpulkan hasil nilai-nilai kepada tata usaha.
b.      Kepala sekolah : menetukan kenaikan siswa untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.
c.       Siswa : menerima rapor atau laporan nilai dari evaluasi sekolah.
Tata usaha : mengadministrasi nilai-nilai yang dikumpulkan oleh guru dan melaporkannya kepada kepala sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls