Sabtu, 16 April 2011

Membuat GHOST Universal TCP/IP Network Bootdisk

Kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat USB Boot , USB yang dipake adalah Flasdisk yang digunakan untuk mencloning Sistem Operasi atau bahkan data/file pada Jaringan komputer / bisa juga untuk personal komputer. Ada banyak aplikasi yang sebenarnya bisa digunakan, seperti Norton, Ancronis, Windows Image pada windows 7, namun disini yang akan saya praktekan adalah menggunakan GHOST versi 11.

Untuk apa seh ini, ghost kan Hantu kali ?.
Studi kasusnya seperti ini, jika kita seorang Teknisi/Administrator untuk jumlah komputer dalam sekala besar, misalnya 20 PC ke atas, atau pada sebuah laboratorium komputer bersekala besar 50 PC ketas yang digunakan di Kampus/PT/UKM/Warnet/CV/DLL. Maka Ghost ini adalah aplikasi yang tepat digunakan, walau tidak harus menggunakan USB Flasdisk, karena Ghost ada juga dengan menggunakan CD/DVD. Namun kebanyakan model perakitan komputer untuk Laboratoruim seperti diatas adalah jarang yang disertai CD-ROM.

Apa seh fungsinya Ghost dengan Universal TCP/IP Network Bootdisk ini ?
Dengan menggunakan cara ini, makan seorang Staf IT/Administrator/Teknisi akan lebih menghemat waktu kerja mereka. Ghost pada dasarnya adalah sistem image disk yang digunakan untuk membackup Sistem operasi/File bisa satu hardisk penuh atau perpartisi dari hardisk.

Prakteknya gimana ?
Cukup sederhana sekali dalam menggunakan ghost ini, kita bisa menggunakan tanpa jaringan, berarti untuk personal komputer itu sendiri. Cara yang saya akan dibahas disini adalah yang berbasis jaringan, jadi harus terhubung Local Area Netrowk ( LAN ), bahkan Wide Area Network ( WAN) mungkin juga bisa dipake.

Kali ini bukan cara menggunakan GHOST nya, namun terlebih dahulu cara membuat bootable untuk memicu sistem BIOS mengenali USB Flasidk kita agar dapat terbaca dan dipanggil pertama kali oleh BIOS.

Sedikit bocoran mengenai Ghost nanti?
Mungkin kita pernah mendengan ada orang buka praktek kursusan komputer dengan paket menginstal Windows+Driver+Aplikasi+Antivir dalam waktu 5 Menit. What ? Secara normal orang nginstal Windows standar kan butuh waktu lebih dari 20 Menit. Lebih gila lagi, ada orang nginstal 30 PC dalam waktu 20 Menit, Why?. Itu yang dinamakan system cloning, jadi jangan heran. Penulis sudah biasa melakukan hal ini. Tentusaya saya juga belajar dari yang lebih berpengalaman terlebih dahulu seperti Mas Yoko, Mas Beni, Lutfi, Pak Gesang, Pak Ulin, dan teman-teman ngoprek. Thanks You

Langsung saja dari pada kebanyakan cerita, siapkan alat dan bahanya terlebih dahulu :
a. Flasdisk Ukuran Min 128MB pun boleh
b. Koneksi Internet, untuk mendowload Apliaski yang diperlukan
    HP USB download disini
    DOS download disini
    NETBOOT download disini
    Master Ghost versi 11 download disini
c. Teh/Kopi, Nasi bungkus dll, untuk menambah kosentrasi

Kali ini saya menggunakan sistem operasi Windows XP, namun tidak menutup kemungkinan Windows Vista / 7 dapat juga digunakan.

1. Colokin Flasdisk ke USB komputer/laptop dan buka program HP USB dan pilih device USB Flash Disk, adapun gambarnya sebagai berikut.


2. Pilihlah Create a DOS startup disk dan pilihlah loksi DOS yang sudah didownload di atas


3. Jalankan perintah START, kali ini akan men FORMAT seluruh isi Flasdisk, jadi BACKUP lah data-data penting pada flasdisk sebelumnya.



4. Jika langkah berhasil maka akan muncul tampilan berikut


5. Selamat langkah membuat Boot USB dengan DOS telah berhasil, selanjutnya membuat Flasdisk menjadi Universal TCP/IP yang nantinya akan dikenali oleh BIOS. Langkah ini akan menjadikan flasdiks terisi file Neetbot yang terdatap DRIVER untuk mengenali LAN CARD/NETWROK CARD komputer nanti.


6. Jalankan aplikasi MakeDisk sehingga akan muncul tampilan berikut ini


7. Tekan ENTER saja, maka akan keluar lagi tampilan berikut ini, disini kita memilih Lokasi dari FLASDIKS, saya contohkan di :F


8. Kemudian KETIKAN kata USB


9. Maka akan keluar lagi tampilan berikut ini, jika ketiga langkah diatas benar, maka Network Bootable telah berhasil, coba cek saja isi flasdiks kita, jika terdapat Folder/Direktori bernama Netboot berarti 100% sudah berhasil.


10. Tekan Enter, dan kita akan di bawakan tampilan browser ke situs pembuat, silahkan memberikan DONASI secukupnya, jika tidak ya GPP.


11. Masukan Aplikasi GHOST11 kedalam Flasdik kita tadi, cukup dengan COPY PASTE saja.


Selesai sudah pembuaran GHOST untuk USB Flasdisk kita, selanjutnya Flasdisk kita dapat digunakan sebagai mana mestinya. Jangan khawatir, langkah-langkah ini tidak akan merusak Flasdisk, jadi boleh saja kita memasukan Data/Musik/Foto/Film dll kedalam flasdisk kita seperti semula.

Untuk cara menggunakan GHOST ini lain kali saya tulis diblog ini.
Perhatian, jika nantinya Flasdisk kita dicolokan kedalam PC yang terdapat Antivir SMADAV, maka akan terdeteksi file HIDEN bernama COMMAND.COM, tolong jangan dihapus. File ini BUKAN VIRUS, tapi file DOS yang dipakek buat BOOTING ini flasdisk.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls